Resensi Novel The Magic Book


Dok. Radar Madura, 17 Februari 2020

Harmonisasi Persahabatan pada Masa Kanak-Kanak


Judul               : The Magic Book
Penulis            : Qurrota Aini
Penerbit         : Dar! Mizan
Terbitan         : Pertama, 2019
Tebal              : 196 halaman
ISBN                : 978-602-420-834-9
Peresensi       : Agustin Handayani


Masa kanak-kanak adalah masa yang paling indah dengan aneka ragam cerita. Pada masa ini, anak-anak memiliki banyak keingintahuan yang besar dan mencoba apa saja yang menurut mereka menarik. Antusias yang tinggi yang kadang menuntut para orang tua untuk semakin menemani dan menjadi pengawas siaga agar bisa menggiring keingintahuan itu sesuai dengan porsinya.

Bukan hanya perihal keingintahuan. Namun juga tentang bagaimana anak-anak bersikap dengan lingkungan sekitar, utamanya sosialisasi. Pada masa di mana mereka mulai mengenal kebutuhan hidup, mereka juga dikenalkan dengan hubungan antara manusia yang disebut persahabatan. Persahabatan yang sederhana dan penuh warna. Setidaknya, pada masa ini mereka hanya membutuhkan sahabat untuk teman bermain dan tertawa bersama. Beda halnya dengan persahabatan pada masa remaja dan dewasa ke atas. Pada fase ini pun, keterlibatan orang tua untuk memberikan pengarahan bagaimana cara berinteraksi dengan sosial juga sangat dibutuhkan. Karena sosialisasi primer anak memang berasal dari keluarga terlebih dahulu.

Dalam novel KKPK Delux The Magic Book ini, cerita anak-anak yang dikisahkan dibagi menjadi dua bagian. Kedua cerita yang sama-sama menceritakan persahabatan dan juga keingintahuan. Bagaimana Alisha yang menemukan sebuah buku ajaib yang di dalamnya berisi resep makanan yang mudah. Bukan itu saja, buku ajaib tersebut dapat memberikan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat makanan sesuai resep yang tertulis. Dalam kisah pertama ini, keingintahuan Alisha terhadap cara pembuatan makanan serta bagaimana buku ajaib yang membantunya termasuk kisah anak-anak yang penuh dengan fantasi. Kisah yang menghibur dan juga memberikan beberapa pesan moral pada anak-anak tersebut.

Terlebih kisah persahabatan yang diangkat dalam bagian kedua dengan judul My Wonderful Holiday. Kisah tentang persahabatan antara Lizzia, Soffie, dan teman-temannya dalam menikmati liburan. Kisah yang menyenangkan, penuh petualangan, dan juga canda. Mereka semua menikmati liburan dengan cara mereka sendiri sesuai dengan gaya anak pasa umurnya.

Keseluruhan dari cerita ini memang sesuai dengan anak-anak pada usianya. Ditulis dengan penuh penggambaran nyata bahwa dunia anak memang penuh dengan fantasi halus, indah, penuh warna dan cerita. Konflik yang disajikan dengan sederhana dan tampak mudah untuk dipecahakan. Selain mengajarkan tentang persahabatan, dalam cerita ini juga mengajarkan cinta lingkungan dan makhluk hidup yang lain. Pesan moral yang diberikan secara gamblang oleh penulis.

Agustin Handayani. Penikmat buku dan anggota FLP Probolinggo.


No comments:

Post a Comment

Resensi Novel Ikan Kecil

Radar Madura, 16 Maret 2020 Menerima Takdir dan Belajar Kesabaran dari Cobaan Judul               : Ikan Kecil Penulis...